INFORMATIKA QITA

INFORMATIKA QITA
Kelas Bu Hetty

MATERI KELAS VII: ROBOMIND SEBAGAI APLIKASI PEMROGRAMAN ROBOT VIRTUAL

 



RoboMind adalah sebuah aplikasi pemrograman sederhana untuk tujuan pendidikan. Aplikasi ini memiliki berbagai aturan pemrogramannya sendiri untuk melatih para pemula dalam mempelajari dasar-dasar logika pemrograman. Aplikasi ini menunjukkan simulasi robot yang dapat digerakkan dengan perintah-perintah yang tersedia. Selain untuk memperkenal teknik-teknik pemrograman, aplikasi ini juga bertujuan untuk mengenalkan robotika dan intelegensi artifisial.

RoboMind dapat digunakan dalam beberapa sistem operasi, seperti WindowsLinux and Mac OS X. Pertama kali dirilis pada tahun 2005 dan pada awalnya dikembangkan oleh Arvid Halma, mahasiswa Universitas Amsterdam pada saat itu. Sejak 2011 RoboMind di produksi oleh Research Kitchen.

Robomind adalah sebuah game opensource tentang bagaimana mengendalikan pergerakan sebuah robot melalui perintah-perintah menggunakan bahasa pemrograman. Game yang dibuat oleh Arvid Halma dari Universitas Amsterdam ini dapat didownload di URL http://www.robomind.net

Mengapa game ini cocok bagi mereka yang baru belajar pemrograman? Ya… di dalam game ini, kita bisa mengatur sendiri langkah-per langkah kita untuk mengatur gerakan robot, dalam hal ini melatih kemampuan kita dalam penguasaan algoritma dan logika. Selain itu dalam RoboMind ini terdapat pula beberapa struktur pemrograman seperti halnya bahasa pemrograman pada umumnya, seperti bentuk IF, LOOPING, dan PROCEDURE.

Di dalam RoboMind, kita bisa menggerakkan robot untuk bergerak maju, mundur, belok kanan, kiri, mewarnai jalan yang dilalui, mencari sebuah obyek, mengambil sebuah obyek, dan meletakkan obyek melalui perintah-perintah berbentuk function.

Berikut ini beberapa perintah dasar untuk mengatur gerakan si robot.

  • forward(n), digunakan untuk menggerakan maju si robot n langkah
  • backward(n), digunakan untuk menggerakan ke belakang si robot n langkah
  • left(), digunakan untuk membelokkan si robot ke kiri 90 derajad
  • right(), digunakan untuk membelokkan si robot ke kanan 90 derajad
  • north(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke utara, lalu bergerak maju n langkah
  • south(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke selatan, lalu bergerak maju n langkah
  • west(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke barat, lalu bergerak maju n langkah
  • east(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke timur, lalu bergerak maju n langkah

Robot juga bisa disuruh mewarnai path yang dilalui, dengan perintah berikut ini

  • paintWhite(), menyuruh robot mewarnai dengan warna putih pada path
  • paintBlack(), menyuruh robot mewarnai dengan warna hitam pada path
  • stopPainting(), menyuruh robot berhenti mewarnai

Selain mewarnai path yang dilalui, si robot juga bisa disuruh mengambil obyek dan meletakkannya kembali. Berikut ini beberapa perintah untuk melakukan hal tersebut:

  • pickUp(), mengambil obyek yang ada di depannya
  • putDown(), meletakkan obyek di depannya

Sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/RoboMind

https://blog.rosihanari.net/robomind-game-untuk-programmer-pemula-3/



Post a Comment

0 Comments